SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT


Jl. M. Yunus Lb. Lintah Padang
SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT YAKIN EKSIS MENUJU
VOCATIONAL EXCELLENCE
                                                                                                                                     

Dengan usaha marathon yang cukup melelahkan dari inisiator dan penggiat  pendidikan (kejuruan) di jajaran Pemerintah Daerah Sumatera Barat  melalui BLPT-Disdikpora akhirnya SMK Negeri Sumatera Barat Berorientasi RSBI yang kini bernama SMKN 1 Sumbar, berkedudukan di Jl. M. Yunus Lubuk Lintah Kuranji Padang, telah berdiri melalui SK Gubernur Nomor 892-276—2011 tanggal 15 Juni 2011. Surat Keputusan Gubernur tersebut berisikan tentang pendirian SMK Negeri Sumatera Barat - Berorientasi RSBI, merupakan legal aspek dimulainya penyelenggaraan pendidikan oleh SMK N Sumbar - Berorientasi RSBI dalam Bidang Studi Keahlian Teknologi dan Rekayasa, atau nantinya dapat pula dikembangkan ke bidang studi keahlian lainnya. Sebelum lahirnya SK tersebut, Gubernur, Bapak Irwan Prayitno sebagai tokoh pendidikan Sumbar dalam disposisinya pada telaah staf yang diajukan menuliskan ”agar menjadi SMK Model”. Hal ini tentunya menjadi tugas dan tanggung jawab sekaligus harapan dan cita-cita yang besar bagi pengelola dan warga sekolah dibawah naungan Dinas Pendidikan Sumbar untuk mewujudkannya.

Apa yang istimewa pada SMKN 1 Sumbar? Jelas keistimewaannya so pasti banyak. Sebagai SMK yang pertama lahir di bawah kewenangan provinsi, SMK N 1 Sumbar jelas mendapat perhatian, dukungan dan sokongan yang besar dari Pemerintah Provinsi, Bapak Gubernur, khususnya dari Kepala Dinas Pendidikan Sumbar. Disamping itu SMKN 1 Sumbar sebagai sekolah hasil reposisi BLPT Sumbar mendapat dukungan Rekomendasi Direktur Pembinaan SMK Ditjen Pendidikan Menengah Kemendiknas RI, melalui surat Nomor 256/03/MN/2011 Tanggal 3 Maret 2011 tentang ”Rekomendasi Pendirian SMK Negeri Sumatera Barat Berorientasi RSBI Sebagai Upaya Perluasan akses pendidikan kejuruan di Provinsi Sumatera Barat”., juga mewarisi lokasi yang luasnya 4,5 ha (Sekarang baru menempati lahan bagian timur BLPT), gedung dan fasilitas pendidikan pelatihan yang memadai untuk ukuran Sumbar, SDM kejuruan yang cukup banyak dan graduated S2/ dan dalam pendidikan S3, serta letak yang strategis di lingkungan pendidikan yang nyaman. Tapi hal ini tidak menjadikan warga SMKN 1 Sumbar bermanja-manja, melainkan sebagai cambuk untuk bekerja keras secara konsisten memperjuangkannya, dalam satu bahasa “SMKN 1 Sumbar bisa”, sebagaimana komentar Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Bapak Syamsulrizal, MM pada kunjungan keduanya 5 Januari 2012, “kalau SMKN 1 Sumbar bisa seperti SMK Solo itu, dinas akan dukung”.

Memang kalau saat ini SMKN 1 Sumbar masih belum sepenuhnya berpenampilan sebagaimana yang dipersyaratkan SNP sebagai sekolah RSBI, hal ini wajar karena sekolah ini masih seumur jagung, dalam taraf diorientasikan menuju RSBI, segala sesuatu masih dalam perencanaan, pembenahan, pemenuhan dan transisi, baik gedung, fasilitas belajar, SDM guru yang masih eksternal (masih dalam proses mendefinitifkan melalui seleksi yang dilakukan UNP) dan KTU/ pegawai yang masih pelaksana sementara (masih dalam proses pemindahan), manajemen yang sedang digarap, landasan hukum/ legal aspek terutama dalam penetapan dukungan pembiayaan. InsyaAllah tentunya beberapa waktu kedepan SMKN 1 Sumbar akan mengkristalisasikan eksistensinya.

Sebagai sekolah yang diinisiasi bulan Maret 2011, baru disosialisasi dan dipromosikan, serta melaksanakan PPDB melalui seleksi setelah keluarnya SK Pendirian pertengahan Juni, seusainya PSB Online Kota Padang, masih mampu menyisihkan 73 siswa dari sekitar 160 an pendaftar yang diseleksi, dalam 3 KK dari PSK Unggulan yaitu T. Pemesinan (manufacture), T. Mekatronika, dan T. Kenderaan Ringan. SMKN 1 Sumbar juga telah sempat menyedot perhatian pada pameran yang dilaksanakan oleh FT UNP pada tanggal 6-10-2011 yang lalu.

Kronologis berdirinya SMK Negeri Sumatera Barat Berorientasi Sekolah Model RSBI

Gagasan membuka SMK Model di BLPT sebetulnya sudah muncul pada tahun 2004 bersama ide D1/D3 dalam upaya mewujudkan Centre Of Exchellence bidang Technologi Manufacture Sumatera Barat, selanjutnya gagasan SMK SBI tahun 2010 sebagaimana dimuat dalam herikasnitahar.blogspot.com.  
Berdirinya SMK Negeri Sumatera Barat RSBI melalui beberapa tahapan proses antara lain yakni melalui prakarsa oleh 3 orang guru BLPT dengan  pengolahan draf proposal umum narasi ilmiah dan argumentasi akademik menggulirkannya kepada kepala BLPT Bapak Drs. Syafruddin Abbas, MPd. Selanjutnya kepala BLPT berinisiasi memberi arahan agar dilakukan penjajakan. Dilanjutkan survey ke SMKN BLPT Sumsel, yang mebuahkan dukungan kepala BLPT Sumbar dengan meneruskan proposal umum kepada Ka Disdikpora Sumbar, DPRD dan beberapa pejabat instansi terkait dengan respon yang sangat positif. Ka. Disdikpora memberi arahan untuk pengajuan usulan ke gubernur. Tahapan berikutnya sharing dan penyiapan telaah staf beserta keputusan pendirian. Dalam jeda yang singkat penetapan keputusan dari gubernur segera didapatkan. Tahapan persiapan penyelenggaran, proses PPDB dan  penyelenggaraan pendidikan tahun ajaran 2011-2012 adalah merupakan perjuangan waswas yang lumayan sukses, karena waktu yang begitu kasip, namun berhasil dengan baik.

Pada saat ini SMKN 1 Sumatera Barat telah menyelenggarakan kegiatan pembelajaran untuk 3 kelas dengan 3 PSK dengan KK yaitu Teknik Pemesinan, Teknik Mekatronika, dan Teknik Kenderaan Ringan. Untuk tahun ajaran berikutnya SMKN 1 Sumbar merencanakan akan membuka Program Studi Keahlian dengan KK Teknik  Gambar Bangunan. Yang jelas SMK N 1 Sumbar ke depannya akan semakin giat mewujudkan Vocational Excellence bagi masyarakat Sumatera Barat.
        












4 komentar:

  1. Tamatan smk ini akan menjadi kebanggaan tersendiri nntinya..yang akan menjadi smk bergensi...smk bisa

    BalasHapus
  2. apa makna atau arti, atau filosofi dari bentuk logo/lambang SMKN 1 Padang?

    BalasHapus

Ada kesalahan di dalam gadget ini